PEDOMAN LOMBA INOVASI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA BAGI GURU SMA SMK TAHUN 2017

Posted by TUGAS KULIAH on Wednesday, January 11, 2017

PEDOMAN LOMBA INOVASI PENDIDIKAN KARAKTER  2017
Pendidikan karakter bangsa telah menjadi kepedulian pemerintah dan menjadi salah satu program strategis pada program Renstra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) periode 2015-2019. Pendidikan karakter bangsa juga menjadi salah satu dari 7 pilar dalam pembangunan pendidikan dan kebudayaan, yaitu: (1) pendidikan untuk semua (2) pendidikan sepanjang hayat (3) pendidikan sebagai suatu gerakan (4) pendidikan menghasilkan pembelajar (5) pendidikan membentuk karakter (6) sekolah yang menyenangkan dan (7) pendidikan membangun kebudayaan. Untuk mendukung program strategis pemerintah tersebut berbagai upaya untuk mengimplementasikan dan mengembangkan pendidikan karakter bangsa telah banyak dilakukan di berbagai instansi, yang salah satunya dilakukan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemdikbud melalui kegiatan Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa Bagi Guru SMA SMK Tahun 2017.




Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa Bagi Guru SMA SMK Tahun 2017 ini ditujukan untuk memberikan penghargaan atas inovasi guru dikmen yang dengan dedikasinya secara inovatif dan kreatif dinilai berhasil dalam mengembangkan pendidikan karakter bangsa di sekolah. Melalui penghargaan tersebut diharapkan akan memotivasi munculnya berbagai bentuk kegiatan inovasi pendidikan karakter bangsa lainnya di seluruh tanah air.

Untuk memberikan penghargaan pada guru dikmen yang telah melakukan inovasi pendidikan karakter bangsa, maka perlu disusun pedoman pelaksanaan kegiatan lomba inovasi pendidikan karakter bangsa. Pedoman ini akan menjadi acuan bagi berbagai pihak dan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjaring guru dikmen dalam mengembangkan Pendidikan Karakter Bangsa di sekolah.

PEDOMAN LOMBA INOVASI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA BAGI GURU SMA SMK TAHUN 2017


Peserta kegiatan Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa Bagi Guru SMA SMK Tahun 2017ini terbagi ke dalam dua kategori, yaitu: 1) bimtek inovasi pendidikan karakter bangsa bagi guru dikmen terseleksi, 2) kegiatan pemberian penghargaan bagi guru dikmen dengan inovasi terbaik. Dengan demikian, persyaratan peserta juga terbagi kepada dua kategori, yaitu 1) persyaratan untuk peserta bimtek inovasi pendidikan karakter bangsa bagi guru dikmen dan 2) persyaratan finalis kegiatan pemberian penghargaan bagi guru dengan inovasi terbaik.

1. Persyaratan peserta bimtek inovasi pendidikan karakter bangsa bagi guru
a. Guru SMA dan SMK, baik PNS maupun Non PNS
b. Memiliki NUPTK
c. Guru yang belum pernah menjadi pemenang lomba inovasi pendidikan karakter pada tahun-tahun sebelumnya
d. Guru yang mengajukan action plan berisi rencana inovasi pendidikan karakter bangsa yang akan dikembangkan dalam pembelajaran di sekolah. File action plan dalam bentuk pdf, dan dikirim melalui laman www.kesharlindungdikmen.id dengan cara mengisi biodata dan mengunggah file action plan tersebut. Apabila ada media dalam bentuk video dapat dikirim melalui email kesharlindung.dikmen@gmail.com. Video berdurasi 20 menit, berisi rangkaian seluruh kegiatan inovasi pendidikan karakter bangsa.
e. Guru yang bersedia untuk melaksanakan inovasi pendidikan karakter bangsa di sekolahnya sesuai dengan rencana/action plan yang diajukan.
f. Sanggup mengikuti seluruh rangkaian proses kegiatan dengan segala ketentuan atau aturan.
g. Mendapat izin persetujuan dari kepala sekolah.

2. Persyaratan finalis lomba inovasi pendidikan karakter bangsa
a. Telah mengikuti kegiatan bimtek inovasi pendidikan karakter bangsa yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan.
b. Menyerahkan laporan akhir pelaksanaan inovasi pendidikan karakter bangsa di sekolah yang mengacu pada pedoman Direktorat Pembinaan Guru Dikmen Kemdikbud

Waktu Pelaksanaan Kegiatan pemberian penghargaan guru dengan inovasi pendidikan karakter bangsa terbaik terdiri dari dua kegiatan, yaitu 1) penguatan wawasan dan kemampuan Guru dan 2) pemberian penghargaan. Seluruh rangkaian kegiatan memerlukan waktu sekitar delapan bulan dengan rincian sebagai berikut.
1. Tanggal 30 November – 2 Desember 2016 Penyusunan pedoman kegiatan.
2. Bulan Januari 2017: sosialisasi program kegiatan Inovasi Pendidikan karakter Bangsa melalui laman http://kesharlindungdikmen.id
3. Bulan Januari – Maret 2017: pengiriman action plan inovasi pendidikan karakter bangsa
4. April 2017 : seleksi action plan
5. April 2017 : Pengumuman peserta bimtek
6. April 2017 : pelaksanaan bimtek/workshop pembekalan/penguatan karakter
7. Mei 2017 : penyusunan proposal sebagai tindak lanjut dari action plan untuk pelaksanaan inovasi pendidikan karakter
8. Mei – September 2017: pelaksanaan inovasi pendidikan karakter di sekolah
9. September 2017 : visitasi ke-100 sekolah terbaik yang dipilih
10. Oktober 2017 : pelaksanaan pemberian penghargaan
11. November 2017 : penyusunan laporan kegiatan oleh panitia

Demikian info Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa Bagi Guru SMA SMK Tahun 2017

DOWNLOAD SURAT EDARAN LOMBA INOVASI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA BAGI GURU SMA SMK TAHUN 2017 (KLIK DISINI)

DOWNLOAD PEDOMAN LOMBA INOVASI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA BAGI GURU SMA SMK TAHUN 2017 (KLIK DISINI)




Blog, Updated at: 10:23 AM

0 comments:

Post a Comment

---------------------------------

---------------------------------

DAFTAR ISI POSTING -TUGAS KULIAH

ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM PEMAKAIAN BAHASA INDONESIA ALIRAN-ALIRAN DALAM PENDIDIKAN ALIRAN-ALIRAN PENDIDIKAN Aplikasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran ARTIS PALING POPULER DI INDONESIA VERSI GOOGLE TRENDS TAHUN 2015 ASPEK NEUROLOGI BAHASA BANTUAN PENINGKATAN KUALIFIKASI AKADEMIK S2 BAGI GURU P2016 CARA MENGHAPUS PASSWORD ATAU PROTEKSI EXCEL WORD DAN PDF CEK SKTP GURU DASAR DASAR MANAJEMEN PENDIDIKAN DASAR-DASAR KEPENDIDIKAN EVALUASI PEMBELAJARAN Hakekat Belajar Dan Pembelajaran HAKIKAT PEMBELAJARAN BEHAVIORISTIK DAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA IMPLEMENTASI PENILAIAN SIKAP DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA INILAH KATA KUNCI PENELUSURAN YANG PALING POPULER VERSI GOOGLE TRENDS INOVASI PENDIDIKAN (RESUME BUKU “INOVASI PENDIDIKAN” KARYA UDIN SYAEFUDIN BAGIAN PERTAMA) INTEGRASI PEDAGOGIK DENGAN TIK ISU DAN WACANA MUTAKHIR KUALITAS PENDIDIKAN INDONESIA JENIS MAKNA JENIS MAKNA MEDAN MAKNA DAN KOMPONEN MAKNA Kemampuan Berpikir KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH KETERAMPILAN MENULIS KONSEP TOLAK UKUR PARAMETER PENGUKURAN DAN PENILAIAN LANDASAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM MAKALAH FILSAFAT ILMU MAKALAH KAWASAN PEMANFAATAN DALAM TEKNOLOGI PEMBELAJARAN MAKALAH KAWASAN PENGELOLAAN DALAM TEKNOLOGI PEMBELAJARAN MAKALAH KAWASAN PENGEMBANGAN DALAM TEKNOLOGI PEMBELAJARAN MAKALAH KAWASAN PENILAIAN (TEKNOLOGI PEMBELAJARAN) MAKALAH PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA MAKALAH PENELITIAN SASTRA MAKALAH PSIKOLOGI KOGNITIVE DAN PEMBENTUKAN PENGETAHUAN MAKALAH PSIKOLOGI KOMUNIKASI MAKALAH SUMBER-SUMBER YANG MEMPENGARUHI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN MAKALAH TENTANG INSTRUMEN PENELITIAN MAKALAH: KARYA SASTRA DALAM KAJIAN FILSAFAT ILMU MEDAN MAKNA DAN KOMPONEN MAKNA MENDIKBUD TAHU SIAPA PENYEBAR ISU KURIKULUM 2006 AKAN DIBERLAKUKAN KEMBALI TAHUN 2016 MENGINTEGRASIKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) KE DALAM PROSES PEMBELAJARAN MERANCANG ATAU MENDESAIN STUDI KASUS META ANALISIS PENELITIAN BAHASA DAN SASTRA DAN CONTOH PENERAPANNYA METODE DISKUSI METODE RESITASI MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK MOTIVASI DAN KREATIVITAS SISWA NASIONALISME SEBAGAI SALAH SATU LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM DI INDONESIA PEDOMAN PENYUSUNAN DAN PERHITUNGAN ANGKA KREDIT DOSEN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) PENDAFATARAN MAHASISWA BARU PASCASARJANA UNTIRTA TAHUN 2016 GELOMBANG 1 PENDAFTARAN MAHASISWA BARU PASCASARJANA UNJ JAKARTA TAHUN 2016 PENDAFTARAN MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA UGM TAHUN 2016 PENELITIAN PENGEMBANGAN DEVELOPMENT RESEARCH PENERAPAN PRINSIP BELAJAR AKAN LEBIH CEPAT BILA SISWA MEMPEROLEH UMPAN BALIK PENERAPAN PRINSIP DENGAN PERSIAPAN YANG BAIK SISWA DAPAT MENGORGANISASIKAN KEGIATAN BELAJARNYA SENDIRI PENERAPAN PRINSIP PERKEMBANGAN DAN KECEPATAN SISWA DALAM BELAJAR SANGAT BERVARIASI PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN (MAKALAH) PENGERTIAN JENIS DAN TUJUAN STUDI KASUS (MAKALAH) PENGERTIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PENGERTIAN DAN JENIS MOTIVASI BELAJAR SISWA Pengertian Evaluasi Penilaian dan Pengukuran PENGERTIAN KURIKULUM PENGERTIAN MODEL DAN RUANG LINGKUP PSIKOLOGI KOGNITIF (MAKALAH) PENGUMPULAN DATA DAN ANALISIS DATA DALAM STUDI KASUS (MAKALAH) PENILAIAN PRODUK (PRODUCT ASSESSMENT) PERANAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN PERBEDAAN PENDEKATAN MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM (MAKALAH) PERMASALAHAN YANG DIHADAPI TENAGA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN SERTA PEMECAHANNYA PRESTASI BELAJAR SISWA PRINSIP PRINSIP PEMBELAJARAN PROPOSAL PENGEMBANGAN PUSAT SUMBER BELAJAR (PSB) PROSES PENGEMBANGAN TES BAHASA DAN SASTRA (MAKALAH) RELIABILITAS INSTRUMEN RINGKASAN KULIAH FILSAFAT ILMU SEJARAH PERKEMBANGAN PSIKOLINGUISTIK SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA DIMENSI STRATEGIS STRATEGI PENGEMBANGAN TENAGA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN Sumber-Sumber Pengetahuan Tentang Belajar SUPERVISI AKADEMIK TEORI BELAJAR ATAU TOERI PENDIDIKAN TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK BERDASARKAN PANDANGAN TOKOH-TOKOH BEHAVIORISTIK Teori Belajar Dan Pembelajaran TUTORIAL MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN POWERPOINT CARA MEMBUAT SKORING KUIS PADA POWERPOINT
CB